Menjadi Customer Service , Frontliner, Receptionist atau
apalah istilahnya sebagai pelayan depan kantor toko hotel dll…. Bukan hanya
dituntut tampail menarik atau cantik dan ganteng saja, namun keindahan
kepribadian menjaga perilaku dan tutur kata jauh lebih berarti daripada hanya
sekedar cantik, cute atau ganteng dan gagah.
Berikut adalah tips sederhana untuk menjadi seorang Customer
Service yang baik dan ideal
1. Sapa Customer atau tamu yang datang dengan tutur kata yang baik dan senyuman.
2. Tanyakan apa yang dibutuhkan dan perhatikan Customer sungguh-sungguh saat berbicara tidak setengah-setengah apalagi sambil melakukan sesuatu yang lain atau sambil menengok atau menoleh yang tidak ada hubungannya dengan pembicaraan Customer
3. Dengarkan baik-baik apa yang disampaikan oleh Customer tidak menyela sebelum customer selesai berbicara.
4. Bantu memberi clue / petunjuk barang yang dimaksud atau apa yang diinginkan
5. Berikan penjelasan dengan maksimal sejauh yang diketahui hal yang dibutuhkan oelh customer dan biarkan customer menentukan pilihannya.
6. Mintalah waktu untuk menunggu kepada customer bila apa yang ditayakan memerlukan jawab pasti yang belum diketahui sepenuhnya oleh seorang customer service.
7. Katakana “Mohon maaf bla..blaa..” bila yang diinginkan customer tidak tersedi atau sedang kosong
- Itu tips sederhana. Bila seorang CS bisa lakukan hal diatas akan cukuplah sementara enjadi CS yang ideal. Namun untuk menjadi seorang CS yang handal dan baik luar dalam hal diatas tidak lah cukupNamun kita basa membagikan mempraktekkan hal-hal diatas di lingkup tempat kita usaha sebagai awalan dan kebiasaan baik yang harus diciptakan untuk membudayakan kerja yang positif
0 komentar:
Posting Komentar