Bismillahirrohmanirrohim Assalamualaikum>>> Hal mendasar yang di inginkan oleh setiap usahawan konter handphone adalah bagaimana agar konternya selalu didatangi oleh pengunjung, tidak terlihat sepi bahkan mati. Bagaimana agar konter kita menjadi jujukan para pengguna handphone yang semakin banyak dan potensial pangsa pasarnya namun persaingan sangat ketat? Nah untuk menghadapi situasi seperti diatas, ada beberapa tips yang kami sarankan dan sudah saya praktikkan dan hasilnya lumayan, konter saya lebih hidup di banding konter konter sekelilig. Hal2 yang perlu dilakukan adalah :
1. BUALAH KONTER ANDA TERLENKAP artinya begini, >>kalo ada pengunjung yang datang usahakan anda memiliki barang yang di inginkan, dan berilah beberapa pilihan agar pengunjung sendiri yang mennetukan pilihannya. Misal baterai: di tempat saya jual baterai dari yang paling murah ecer mulai harga 10rb, 15rb, 20rb, 30rb, 40rb, 80rb kwalitas original bahkan saya juga jual yang original, dengan begitu setiap kelas ekonomi yang datang kita menyediakannya dan sesuai keinginannya. juga saya berikan penjelasan kwalitas masing2 batrei.
Bukan hanya itu kita meski menyediakan banyak hal yang dibutuhkan oleh pengguna handphone. Catatlah apa-apa yang dicari pengunung yang datang barang jenis apa yang belum kita punya dan segera belana dan melengkapinya.
Semakin variatif barang yang anda sediakan di toko maka kemungkinan orang akan berfikir bahwa konter kita paling lengkap atau paling mewakili untuk diknjungi bagi yang membutuhkan.
2. BUATLAH PROMO DIDEPAN TOKO,
Misal anda memberikan iklan dengan tulisan tulisan besar di depan konter anda dengan barang yang anda promosikan. maka setiap orang yang lewat akan membaca.
Meski tidak seketika itu datang, mereka pasti merencanakan suatu waktu akan datan bila sudah membaca promo Anda dan akan mengunjungi atau mampir ke konter Anda. Dengan demikian umlah pelanggan akan bertambah .
3. BUATLAH KONTER ANDA MENARIK.
Kita bisa membuat konter kita menarik dengan cara : mencat dengan warna mencolok, atau memberi penerangan yang berlebih sehingga orang yang melihat ingin datang ketempat kita, Bila perlu buatlah konter nyamam untuk dikunjungi, sediakan kursi yang cukup baik didalam maupun dibagian luar
4. BUAT PROMO DIDALAM KONTER.
Kita bisa membuat tulisan2 kecil yang mempromosikan isi konter kita dengan menempelkannya di dinding, etalase atau dimana saja yang bisa di baca setiap pengunjung yang datang ke tempat kita, sehingga mereka tahu barang kita sediakan.
Ini kelihatannya sepele, namun dampaknya cukup efektiv untuk menarik pengunjung dan akan berkunjung kembali ,encari barang yang kita tulis pada promo tadi.
Mereka juga akan memberikan info kepada kerabat dan teman mereka bila kita punya barang2 yang kita promokan
5. MEMBERIKAN HARGA MURAH DAN OBRAL SECARA PERIODIK NAMUN JANGAN TERKESAN MURAHAN.
Maksud saya adalah, kita meski mengorbankan barang2 tertentu untuk menjadi daya tarik pengunjung. Misal kita menjual salah satu tipe hp atau aksesoris yang lagi trend dengan harga murah dengan menyebutkan fitur2 yang tertanam di dalamnya dan menenpelkannya di depan konter kita besar2. Upayakan selelalu membuat promo obral, bila perlu setiap hari.
Satu hal penting jangan pernah beranggapan bahwa harga yang selalu murah adalah satu-satunya alasan konter Anda jadi rame. Kebanyakan orang memang suka harga murah, namun bagi orang yang memiliki uang atau pengetahuan tertentu, mereka justru ragu dengan barang gengan harga murah karena mereka akan berfikir soal kwalitas dan efisiensi.
Bagi orang yang lebih cerdas biasanya akan membelikan uangnya untuk barang yang memilki kwalitas jelas atau bagus dari pada harus membeli barang murah namun kwalitas meragukan dan banyak terbukti tidak lama pakai sudah rusak, yang kalau dihitung-hitung ketemunya lebih murah beli barang yang berkwalitas beli sekali tapi awet dari pada beli murah tapi berkali-kali.
6. BERI PELAYANAN SEBAIK MUNGKIN.
Memberikan pelayanan terbaik adalah hal nomor 1. Menerikan harga murah saja namun layanan buruk orang akan melupakan begitu saja konter Anda dan bahkan akan memblacklist toko kita untuk tidak dikunjungi lagi untuk keperluan yang sama.
Cobalah bersimpati kepada setiap pelanggan, Sabar, menjelaskan melayani dengan hati, maka pelangganakan merasa nyaman di toko kita.
Saya berani jamin mereka tempat anda alan menkadi jujukan mereka atau paling tidak akan di ingat dalam hati
7. BERIKAN KEJUTAN HADIAH.
yang sering atau setengah sering. sesekali kita perlu kasih kejutan dengan memberikan hadiah tertentu kepadanya, tanpa undian, meski nilanya tidak seberapa tapi mereka akan mengingat dan akan menceritakan kepada sanak saudara keluarga dan kawan. Dan ini akan membawa rezeki seumur hidup.
Dan itu merupakan bagian dari sedekah, karena setiap sedekah balasanya akan lebih besar.
8. JAM BUKA HARUS JELAS KAN KONSISTEN (JANGAN SERING TUTUP DI WAKTU BUKA)
Ini sangat penting, tentukan jam buka toko Anda secara konsisten apapun yang terjadi dan jangan sering tutup pada waktu jam yang sudah ditentukan.
Menjaga konsistensi jam buka toko akan sangat berpengaruh terhadap penilain pelanggan kepada toko Anda bahwa Anda memiliki komitment terhadap pelayanan.
Toko yang sering tutup pada jam-jam atau hari dimana sudah biasa buka tanpa ada pengumuman sebelumnya akan mrmbuat kecewa pelanggan yang datang jauh-jauh tidak mendapatkan yang dia cari, deangan begitu mereka akan mencari tenpat lain sebagai gantinya untuk memenuhi kebutuhannya.
9. JANGAN BERHUTANG BILA ADA NIAT UNTUK TIDAK MEMBAYAR
Rejeki lancar dan mudah apabila urusan hutang kita tidak ada masalah. Penyelesaian hutang dengan baik berbanding lurus dengan kesuksesan usaha dan rejeki, kepada siapapun kita berhutang.
10. BER DO'A
Hadirkan Tuhan Sang pemberi rejeki disetiap urusan kita, karena semua atas kehendaknya.
Jangan lupa berdoa disetiap kesempatan, agar Alloh SWT selelu memberikan apapun yang terbaik untuk kita, Amin....
11. Jujur
Jadilah pedagang jujur dan iklas. Aura akan memancar pada diri seseorang yang jujur, dan orang akan merasakan itu. Dan dengan begitu insya Alloh berbagai kemudajan akan kita gapai.
Pengang teguh janji, lakukan meski berat, jangn suka meleset, karena kita adalah bibit pedagang sukses
Jujur kepada pelanggan, kepada supplier kepada siapapun yang berniat baik. Jujur bagi pedagang adalah mutlak.
Termasuk bila kita punya karyawan carilah karyawan yang jujur, bila tidak jujur, sebaiknya jangan di teruskan karena akan merusak tatanan sistem yang dibagun dalan usaha kita
12. Besedekah
Sebenarnya masih banyak variable mebuat toko kita jadi rame dan sukses. Yang terpenting adalah pribadi kita, karakter kita orang didalam nya harus dibentuk baik terlebih dulu, jujur, disiplin, komitmen pegangjanji, tanggungkawab, dan berserah diri kepada Tuhan demgan teris bekerja keras.
Semoga bermanfaat
BLACKPHONE Lumbung Acc Surabaya
NB : kita sadar bahwa persaingan juga semakin ketat, terutama dari segi harga.Namun kita jangan terpaku kepada selisih harga yg tidak terpaut jauh. Yang meski kita pikirkan pula adalah pelayanan yang di berikan kepada kita dan sebaik mana kita membalasnya. Jadikan konter Anda berbeda dari yang lain. kami menyediakan mulai harger, baterei, kabel data, flash disk, memory card, silicon jell, sarung pinggang, casingblackberry, baterei hape china, speaker active, handsfree, headphone dll. masih banyak lagi.ma'af promo dikit hehe
0 komentar:
Posting Komentar