Welcome To Our Site Accessories Wholesale

Tempat Kulakan Grosir Aksesoris hp & Speaker satu tangan Gan... Nggak boros ongkir karena semua ada disini... Siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia dengan expedisi pilihan Anda... Enjoy Gann

باب الإخاس تنبه الغفلين

 بَابُ: الْإِخْلَاصِ

2- قال الفقيه رحمه الله: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْفَضْلِ بْنِ أَحنَفَ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ الْكَرَابِيسِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ يُوسُفَ، قَالَ: حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ، عَنْ عَمْرٍو مَوْلَى الْمُطَّلِبِ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنْ محمود بْنِ لَبِيدٍ:
أَنَّ النَّبِيَّ  قَالَ: «أَخْوَفُ مَا أَخَافُ عَلَيْكُمُ الشِّرْكُ الْأَصْغَرُ»، قَالُوا: يَا رَسُوَلَ اللَّهِ وَمَا الشِّرْكُ الْأَصْغَرُ؟ قَالَ: «الرِّيَاءُ، يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى لَهُمْ يَوْمَ يُجَازِي الْعِبَادَ بِأَعْمَالِهِمْ: اذْهَبُوا إِلَى الَّذِينَ كُنْتُمْ تُرَاءُونَ لَهُمْ فِي الدُّنْيَا فَانْظُرُوا هَلْ تَجِدُونَ عِنْدَهُمْ خَيْرًا».

Bab: Ketulusan2- Ahli hukum semoga Allah merahmatinya berkata: Muhammad bin Al-Fadl bin Ahnaf memberitahukan kepada kami, dia berkata: Muhammad bin Ja'far Al-Karabisi memberitahu kami, dia berkata: Ibrahim bin Yusuf memberitahu kami, dia berkata: Itu terjadi Dari kami Ismail bin Jafar, atas wewenang Amr Mawla al-Muttalib, atas wewenang Asim, atas wewenang Mahmoud bin Labid :Nabi Muhammad SAW bersabda: “Yang paling aku takuti bagimu adalah kemusyrikan kecil.” Mereka berkata: Wahai Rasulullah, apakah kemusyrikan kecil itu? Beliau bersabda: “Kemunafikan. Allah SWT akan berfirman kepada mereka pada hari ketika Dia memberi pahala kepada hamba-hamba-Nya atas amal mereka: 'Pergilah kepada orang-orang yang dahulu kamu pamerkan di dunia ini dan lihatlah apakah kamu sedang pamer.' baik-baik saja dengan mereka.”


قال الفقيه رحمه الله: إِنَّمَا يُقَالُ لَهُمْ ذَلِكَ لِأَنَّ عَمَلَهُمْ فِي الدُّنْيَا كَانَ عَلَى وَجْهِ الْخِدَاعِ، فِيُعَامَلُونَ فِي الْآخِرَةِ عَلَى وَجْهِ الْخِدَاعِ، وَهُوَ كَمَا قَالَ اللَّهُ تَعَالَى: {إِنَّ الْمُنَافِقِينَ يُخَادِعُونَ اللَّهَ وَهُوَ خَادِعُهُمْ}[النساء: 142] ، يَعْنِي يُجَازِيهِمْ جَزَاءَ الْخِدَاعِ فَيُبْطِلُ ثَوَابَ أَعْمَالِهِمْ، وَيَقُولُ لَهُمْ: اذْهَبُوا إِلَى الَّذِينَ كُنْتُم عَمِلْتُمْ لِأَجْلِهِمْ، فَإِنَّهُ لَا ثَوَابَ لِأَعْمَالِكُمْ عِنْدِي، لِأَنَّهَا لَمْ تَكُنْ خَالِصَةً لِوَجْهِ اللَّهِ تَعَالَى.

Para ahli fiqih rahimahullah berkata: Hal ini dikatakan kepada mereka hanya karena perbuatan mereka di dunia adalah tipu daya, maka mereka akan diperlakukan secara curang di akhirat, dan seperti sebelumnya Kepada Tuhan Yang Maha Esa: {Sesungguhnya, orang-orang munafik menipu Allah, dan Dia akan menipu mereka} [An-Nisa: 142] , artinyaDia memberi pahala kepada mereka atas penipuan dan membatalkan pahala atas perbuatan mereka, dan berkata kepada mereka: Pergilah kepada orang-orang yang untuknya kamu bekerja, karena bagi mereka tidak ada pahala. Apa urusanmu denganku, karena itu tidak ikhlas demi kebaikan? dari Tuhan Yang Maha Esa.


وَإِنَّمَا يَسْتَوْجِبُ الْعَبْدُ الثَّوَابَ إِذَا كَانَ عَمَلُهُ خَالِصًا لِوَجْهِ اللَّهِ تَعَالَى فَإِذَا كَانَ لِغَيْرِهِ فِيهِ شِرْكَةٌ فَاللَّهُ بَرِيءٌ مِنْهُ.

Seorang hamba berhak mendapat pahala jika amalnya ikhlas karena Allah SWT, dan jika ada orang lain yang turut serta di dalamnya, maka Allah bebas darinya


3- قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْفَضْلِ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ يُوسُفَ، حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ، عَنْ عَمْرٍو، عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: عَنِ النَّبِيِّ  قَالَ: «يَقُولُ الله تعالى: أَنَا أَغْنَى الشُّرَكَاءِ عَنِ الشِّرْكِ، أَنَا غَنِيٌّ عَنِ الْعَمَلِ الَّذِي فِيهِ شِرْكَةٌ لِغَيْرِي؛ فَمَنْ عَمِلَ عَمَلًا أَشْرَكَ فِيهِ غَيْرِي فَأَنَا مِنْهُ بَرِيءٌ».

3- Dia berkata: Muhammad bin Al-Fadl meriwayatkan kepada kami, Muhammad bin Ja'far meriwayatkan kepada kami, Ibrahim bin Yusuf meriwayatkan kepada kami, Ismail meriwayatkan kepada kami, atas wewenang Amr, atas wewenang Sa'id bin Abb Wahai Saeed Al-Maqbari:

Dari Abu Hurairah: Atas wewenang Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda: “Allah SWT berfirman: Aku terbebas dari sekutu dari kemusyrikan, aku terbebas dari pekerjaan yang ditemani oleh orang lain. ; Maka barangsiapa melakukan perbuatan yang melibatkan orang lain, maka aku tidak bersalah


.

يَعْنِي مِنْ ذَلِكَ الْعَمَلِ وَيُقَالُ يَعْنِي مِنْ ذَلِكَ الْعَامِلِ، فَفِي هَذَا الْخَبَرِ دَلِيلٌ عَلَى أَنَّ اللَّهَ تَعَالَى لَا يَقْبَلُ مِنَ الْعَمَلِ شَيْئًا إِلَّا مَا كَانَ خَالِصًا لِوَجْهِهِ، فَإِذَا لَمْ يَكُنْ خَالِصًا فَلَا يُقْبَلُ مِنْهُ، وَلَا ثَوَابَ لَهُ فِي الْآخِرَةِ، وَمَصِيرُهُ إِلَى جَهَنَّمَ؛ وَالدَّلِيلُ عَلَى ذَلِكَ قَوْلُهُ تَعَالَى: {مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْعَاجِلَةَ عَجَّلْنَا لَهُ فِيهَا[الإسراء: 18] يَعْنِي مَنْ أَرَادَ بِعَمَلِهِ الدُّنْيَا وَلَا يُرِيدُ ثَوَابَ الْآخِرَةِ أَعْطَيْنَاهُ فِي الدُّنْيَا مِقْدَارَ مَا شِئْنَا مِنْ عَرَضِ الدُّنْيَا {لِمَنْ نُرِيدُ} يَعْنِي لِمَنْ نُرِيدُ أَنْ نُهْلِكَهُ، وَيُقَالُ: {لِمَنْ نُرِيدُ} أَنْ نُعْطِيَهُ بِإِرَادَتِنَا أَيَّ مَتَاعٍ، لَا بِإِرَادَتِهِ، {ثُمَّ جَعَلْنَا لَهُ جَهَنَّمَ} يَعْنِي أَوْجَبْنَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ جَهَنَّمَ {يَصْلَاهَا} يَعْنِي يَدْخُلُهَا {مَذْمُومًا} يَسْتَوْجِبُ الْمَذَمَّةَ، يَعْنِي يذَمِّ نَفْسِهِ وَيَذُمُّهُ غَيْرُهُ، {مَدْحُورًا}[الإسراء:18] يَعْنِي مَطْرُودًا مُبْعَدًا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ تَعَالَى.

{وَمَنْ أَرَادَ الْآخِرَةَ} يَعْنِي مَنْ أَرَادَ ثَوَابَ الْآخِرَةِ، {وَسَعَى لَهَا سَعْيَهَا} يَعْنِي عَمِلَ لِلْآخِرَةِ عَمَلًا مِنَ الْأَعْمَالِ الصَّالِحَةِ، خَالِصًا لِوَجْهِهِ، {وَهُوَ مُؤْمِنٌ} يَعْنِي مَعَ الْعَمَلِ يَكُونُ مُؤْمِنًا، لِأَنَّهُ لَا يُقْبَلُ الْعَمَلُ بِغَيْرِ إِيمَانٍ، {فَأُولَئِكَ} يَعْنِي الَّذِينَ يَعْمَلُونَ وَيَطْلُبُونَ ثَوَابَ الْآخِرَةِ وَلَا يَعْمَلُونَ لِرِيَاءِ الدُّنْيَا، {كَانَ سَعْيُهُمْ مَشْكُورًا}[الإسراء:18] يَعْنِي عَمَلَهُمْ مَقْبُولًا.

{كُلًّا نُمِدُّ هَؤُلاءِ وَهَؤُلاءِ مِنْ عَطَاءِ رَبِّكَ}[الإسراء: 20] ، يَعْنِي يُعْطَى كِلَا الْفَرِيقَيْنِ مِنْ رِزْقِ رَبِّكَ {وَمَا كَانَ عَطَاءُ رَبِّكَ مَحْظُورًا[الإسراء: 20] ، يَعْنِي مَا كَانَ رِزْقُ رَبِّكَ مَمْنُوعًا مِنَ الْمُؤْمِنِ وَالْكَافِرِ وَالْبَرِّ وَالْفَاجِرِ .

فَقَدْ بَيَّنَ اللَّهُ تَعَالَى فِي هَذِهِ الْآيَةِ أَنَّ مَنْ عَمِلَ لِغَيْرِ وَجْهِ اللَّهِ فَلا ثَوَابَ لَهُ فِي الْآخِرَةِ، وَمَأْوَاهُ جَهَنَّمُ وَمَنْ عَمِلَ لِوَجْهِ اللَّهِ تَعَالَى فَعَمَلُهُ مَقْبُولٌ، وَإِذَا عَمِلَ لِغَيْرِ وَجْهِ اللَّهِ تَعَالَى فَلَا نَصِيبَ لَهُ مِنْ عَمَلِهِ إِلَّا الْعَنَاءُ وَالتَّعَبُ كَمَا جَاءَ فِي الْخَبَرِ:

4- قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْفَضْلِ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ يُوسُفَ، حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَمْرٍو، عن سعيد:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: أَنَّ النَّبِيَّ  قَالَ: «رُبَّ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ حَظٌّ مِنْ صَوْمِهِ إِلَّا الْجُوعُ وَالْعَطَشُ، وَرُبَّ قَائِمٍ لَيْسَ لَهُ حَظٌّ مِنْ قِيَامِهِ إِلَّا السَّهَرُ وَالنَّصَبُ» . يَعْنِي إِذَا لَمْ يَكُنِ الصَّوْمُ وَالصَّلَاةُ لِوَجْهِ اللَّهِ تَعَالَى، فَلَا ثَوَابَ لَهُ.

كَمَا رُوِيَ عَنْ بَعْضِ الْحُكَمَاءِ أَنَّهُ قَالَ: مَثَلُ مَنْ يَعْمَلُ الطَّاعَاتِ لِلرِّيَاءِ وَالسُّمْعَةِ كَمَثَلِ رَجُلٍ خَرَجَ إِلَى السُّوقِ وَمَلَأَ كِيسَهُ حَصَاةً، فَيَقُولُ النَّاسُ: مَا أَمْلَأَ كِيسَ هَذَا الرَّجُلِ! فلَا مَنْفَعَةَ لَهُ سِوَى مَقَالَةِ النَّاسِ، وَلَوْ أَرَادَ أَنْ يَشْتَرِيَ له شَيْئًا لَا يُعْطَى بِهِ شَيْءٌ، كَذَلِكَ الَّذِي عَمِلَ لِلرِّيَاءِ وَالسُّمْعَةِ لَا مَنْفَعَةَ لَهُ مِنْ عَمَلِهِ سِوَى مَقَالَةِ النَّاسِ وَلَا ثَوَابَ لَهُ فِي الْآخِرَةِ،كَمَا قَالَ اللَّهُ تَعَالَى: {وَقَدِمْنَا إِلَى مَا عَمِلُوا مِنْ عَمَلٍ فَجَعَلْنَاهُ هَبَاءً مَنْثُورًا[الفرقان: 23] ، يَعْنِي الْأَعْمَالَ الَّتِي عَمِلُوهَا لِغَيْرِ وَجْهِ اللَّهِ تَعَالَى، أَبْطَلْنَا ثَوَابَهَا، وَجَعَلْنَاهَا كَالَهَبَاءِ الْمَنْثُورِ، وَهُوَ الْغُبَارُ الَّذِي يُرَى فِي شُعَاعِ الشَّمْسِ.

5- وَرَوَى وَكِيعٌ، عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، عَمَّنْ سَمِعَ مُجَاهِدًا ، يَقُولُ:
جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ  وَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي أَتَصَدَّقُ بِالصَّدَقَةِ فَأَلْتَمِسُ بِهَا وَجْهَ اللَّهِ تَعَالَى وَأُحِبُّ أَنْ يُقَالَ لِيَ خَيْرٌ.

فَنَزَلَتْ هَذِه الْآيَةُ: {فَمَنْ كَانَ يَرْجُو لِقَاءَ رَبِّهِ[الكهف: 110] ، يَعْنِي مَنْ خَافَ الْمَقَامَ بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ تَعَالَى.

وَيُقَالُ: مَنْ كَانَ يُرِيدُ ثَوَابَ اللَّهِ {فَلْيَعْمَلْ عَمَلا صَالِحًا[الكهف: 110] يَعْنِي: خَالِصًا {وَلا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَدًا[الكهف: 110] .

وَقَالَ حَكِيمٌ مِنَ الْحُكَمَاءِ: مَنْ عَمِلَ سَبْعَةً دُونَ سَبْعَةٍ لَمْ يَنْتَفِعْ بِمَا يَعْمَلْ:
أَوَّلُهَا: أَنْ يَعْمَلَ بِالْخَوْفِ، دُونَ الْحَذَرِ ، يَعْنِي يَقُولُ: إِنِّي أَخَافُ عَذَابَ اللَّهِ، وَلَا يَحْذَرُ مِنَ الذُّنُوبِ، فَلَا يَنْفَعُهُ ذَلِكَ الْقَوْلُ شَيْئًا.

وَالثَّانِي: أَنْ يَعْمَلَ بِالرَّجَاءِ، دُونَ الطَّلَبِ، يَعْنِي يَقُولُ: إِنِّي أَرْجُو ثَوَابَ اللَّهِ تَعَالَى، وَلَا يَطْلُبُهُ بِالْأَعْمَالِ الصَّالِحَةِ، لَمْ تَنْفَعْهُ مَقَالَتُهُ شَيْئًا.

وَالثَّالِثُ: أن يعمل بِالنِّيَّةِ، دُونَ الْقَصْدِ، يَعْنِي يَنْوِي بِقَلْبِهِ أَنْ يَعْمَلَ بِالطَّاعَاتِ وَالْخَيْرَاتِ وَلَا يَقْصِدُ بِنَفْسِهِ، لَمْ تَنْفَعْهُ نِيَّتُهُ شَيْئًا .

وَالرَّابِعُ: أن يعمل بِالدُّعَاءِ دُونَ الْجَهْدِ، يَعْنِي يَدْعُو اللَّهَ تَعَالَى أَنْ يُوَفِّقَهُ لِلْخَيْرِ وَلَا يَجْتَهِدُ، لَمْ يَنْفَعْهُ دُعَاؤُهُ شَيْئًا، وَيَنْبَغِي لَهُ أَنْ يَجْتَهِدَ لِيُوَفِّقَهُ اللَّهُ تَعَالَى كَمَا قَالَ اللَّهُ تَعَالَى: {وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ[العنكبوت: 69] ، يَعْنِي الَّذِينَ جَاهَدُوا فِي طَاعَتِنَا وَفِي دِينِنَا لَنُوَفِّقَنَّهُمْ لِذَلِكَ.

وَالْخَامِسُ: أن يعمل بِالِاسْتِغْفَارِ، دُونَ النَّدَمِ، يَعْنِي يَقُولُ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَلَا يَنْدَمُ عَلَى مَا كَانَ مِنْهُ مِنَ الذُّنُوبِ، لَمْ يَنْفَعْهُ الِاسْتِغْفَارُ يَعْنِي بِغَيْرِ النَّدَامَةِ.

وَالسَّادِسُ: أن يعمل بِالْعَلَانِيَةِ، دُونَ السَّرِيرَةِ، يَعْنِي يُصْلِحُ أُمُورَهُ فِي الْعَلَانِيَةِ، وَلَا يُصْلِحُهَا فِي السِّرِّ، لَمْ تَنْفَعْهُ عَلَانِيَتُهُ شَيْئًا.

وَالسَّابِعُ: أَنْ يَعْمَلَ بِالْكَدِّ، دُونَ الْإِخْلَاصِ، يَعْنِي يَجْتَهِدُ فِي الطَّاعَاتِ وَلَا تَكُونُ أَعْمَالُهُ خَالِصَةً لِوَجْهِ اللَّهِ تَعَالَى، لَمْ تَنْفَعْهُ أَعْمَالُهُ بِغَيْرِ إِخْلَاصٍ، وَيَكُونُ ذَلِكَ اغْتِرَارًا مِنْهُ بِنَفْسِهِ

6- وَرَوَى أَبُو هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ  أَنَّهُ قَالَ: «يَخْرُجُ فِي آخِرِ الزَّمَانِ أَقْوَامٌ لِاجْتِلَابِ الدُّنْيَا مِثْلَ الْحَلْبِ» .

وَفِي نُسْخَةٍ أُخْرَى: «يَجْلِبُونَ» أَيْ يَأْكُلُونَ الدُّنْيَا بِالدِّينِ وَفِي أُخْرَى: «يَجْتَلِبُونَ الدُّنْيَا» يَعْنِي يَأْخُذُونَهَا «فَيَلْبَسُونَ لِبَاسَ جُلُودِ الضَّأْنِ فِي اللِّينِ، أَلْسِنَتُهُمْ أَحْلَى مِنَ السُّكَّرِ وَقُلُوبُهُمْ قُلُوبُ الذِّئَابِ يَقُولُ اللَّهُ: أَبِي تَغْتَرُّونَ، أَمْ عَلَيَّ تَجْتَرِئُونَ» الِاجْتِرَاءُ أَنْ يَجْعَلَ نَفْسَهُ شُجَاعًا مِنْ غَيْرِ تَفَكُّرٍ وَلَا رَوِيَّةٍ، «فَبِي حَلَفْتُ؟ لَأَبْعَثَنَّ عَلَى أُولَئِكَ فِتْنَةً تَدَعُ الْحَكِيمَ الْعَاقِلَ فِيهَا حَيْرَانًا».

7- وَرَوَى وَكِيعٌ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ حَبِيبٍ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، قَالَ:
جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ  فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي أَعْمَلُ الْعَمَلَ فَأُسِرُّهُ فَيُطَّلع عَلَيْهِ، فيعجبني ذَلِكَ، أَلِي فِيهِ أَجْرٌ؟ قَالَ: «لَكَ فِيهِ أَجْرَانِ، أَجْرُ السِّرِّ، وَأَجْرُ الْعَلَانِيَةِ» .

8- قال الفقيه رحمه الله: مَعْنَاهُ أَنَّهُ يَطَّلِعُ عَلَى عَمَلِهِ وَيُقْتَدِى بِهِ فَلَهُ أَجْرَانِ: أَجْرٌ لِعَمَلِهِ، وَأَجْرٌ لِلِاقْتِدَاءِ بِهِ، كَمَا قَالَ النَّبِيُّ : «مَنْ سَنَّ سُنَّةً حَسَنَةً فَلَهُ أَجْرُهَا وَأَجْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ سَنَّ سُنَّةً سَيِّئَةً فَعَلَيْهِ وِزْرُهَا وَوِزْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ» .

وَأَمَّا إِذَا كَانَ يُعْجِبُهُ أَنْ يُطَّلع عَلَى عَمَلِهِ، لَا لِأَجْلِ الِاقْتِدَاءِ بِهِ، فَإِنَّهُ يُخَافُ ذَهَابُ أَجْرِهِ

Hilangnya pahala

9- وَرَوَى عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ، عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ أَبِي مَرْيَمَ، عَنْ ضَمْرَةَ، عَنْ أَبِي حَبِيبٍ، قَالَ:
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ : «إِنَّ الْمَلَائِكَةَ يَرْفَعُونَ عَمَلَ عَبْدٍ مِنْ عِبَادِ اللَّهِ، فَيَسْتَكْثِرُونَهُ وَيُزَكُّونَهُ، حَتَّى يَنْتَهُوا بِهِ إلى حَيْثُ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى مِنْ سُلْطَانِهِ فَيُوحِي اللهُ تَعَالَى إِلَيْهِمْ: أَنَّكُمْ حَفَظَةٌ عَلَى عَمَلِ عَبْدِي وَأَنَا رَقِيبٌ عَلَى مَا فِي نَفْسِهِ، إِنَّ عَبْدِي هَذَا لَمْ يُخْلِصْ لِي عَمَلَهُ فَاكْتُبُوهُ فِي سِجِّينٍ، وَيَصْعَدُونَ بِعَمَلِ عَبْدٍ فَيَسْتَقِلُّونَهُ وَيَحْتَقِرُونَهُ حَتَّى يَنْتَهُوا بِهِ إِلَى حَيْثُ شَاءَ اللَّهُ مِنْ سُلْطَانِهِ، فَيُوَحِيَ اللَّهُ إِلَيْهِمْ: أَنَّكُمْ حَفَظَةٌ عَلَى عَمَلِ عَبْدِي ، وَأَنَا رَقِيبٌ عَلَى مَا فِي نَفْسِهِ ، إِنَّ عَبْدِي هَذَا أَخْلَصَ لِي عَمَلَهُ فَاكْتُبُوهُ فِي عِلِّيِّينَ».

فَفِي هَذَا الْخَبَرِ دَلِيلٌ عَلَى أَنَّ قَلِيلَ الْعَمَلِ إِذَا كَانَ لِوَجْهِ اللَّهِ تَعَالَى، خَيْرٌ مِنَ الْكَثِيرِ لِغَيْرِ وَجْهِ اللَّهِ تَعَالَى، لِأَنَّ الْقَلِيلَ إِذَا كَانَ لِوَجْهِ اللَّهِ تَعَالَى، فَإِنَّ اللَّهَ يُضَاعِفُهُ بِفَضْلِهِ كَمَا قَالَ اللَّهُ تَعَالَى: {وَإِنْ تَكُ حَسَنَةً يُضَاعِفْهَا وَيُؤْتِ مِنْ لَدُنْهُ أَجْرًا عَظِيمًا} [النساء: 40] وَأَمَّا الْكَثِيرُ إِذَا لَمْ يَكُنْ لِوَجْهِ اللَّهِ تَعَالَى فَلَا ثَوَابَ لَهُ، وَمَأْوَاهُ جَهَنَّمُ.

10- قال الفقيه رحمه الله: حَدَّثَنِي جَمَاعَةٌ مِنَ الْفُقَهَاءِ بِأَسَانِيدِهِمْ، عَنْ عُقْبَةَ بْنِ مُسْلِمٍ، عَنْ شُفَيّ الْأَصْبَحِيِّ، حدثه أَنَّهُ دَخَلَ الَمْدِينَةَ، فَإِذَا هُوَ بِرَجُلٍ قَدِ اجْتَمَعَ عَلَيْهِ النَّاسُ، فَقُلْتُ: مَنْ هَذَا؟ فَقَالُوا: أَبُوَ هُرَيْرَةَ فَدَنَوْتُ مِنْهُ حتى تقدّمتُ بين يديه، وَهُوَ يُحَدِّثُ النَّاسَ، فَلَمَّا سَكَتَ وَخَلَا، قُلْتُ لَهُ: أُنْشِدُكَ اللَّهَ، حَدِّثْنِي حَدِيثًا سَمِعْتَهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ  وَحَفِظْتَهُ، حَدَّثَكَ بِهِ وَعلَّمْتَهُ، فَقَالَ أَبُوَ هُرَيْرَةَ: اقْعُدْ لِأُحَدِّثَكَ بِحَدِيثٍ حَدَّثَنِيهِ رَسُولُ اللَّهِ ، مَا مَعَنَا أَحَدٌ غَيْرِي وَغَيْرِهِ، ثُمَّ نَشَغَ نَشْغَةً ، أَيْ شَهِقَ شَهْقَةً ، فَخَرَّ مَغْشِيًّا عَلَيْهِ، فَمَكَثَ عَلَيْهِ قَلِيلًا ثُمَّ أَفَاقَ وَمَسَحَ وَجْهَهُ، فَقَالَ: لَأُحَدِّثَنَّك بِحَدِيثٍ حَدَّثَنِيهِ رَسُولُ اللَّهِ ، ثُمَّ نَشَغَ أُخْرَى فَمَكَثَ طَوِيلًا ثُمَّ أَفَاقَ وَمَسَحَ وَجْهَهُ، فَقَالَ: حَدَّثَنِي رَسُولُ اللَّهِ ، فَقَالَ: «إِنَّ اللَّهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى إِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ يَقْضِي بَيْنَ خَلْقِهِ، فَكُلُّ أُمَّةٍ جَاثِيَةٌ، فَأَوَّلُ مَنْ يُدْعَى بِهِ: رَجُلٌ قَدْ جَمَعَAl-Qiyamah 75:17

إِنَّ عَلَيۡنَا جَمۡعَهُۥ وَقُرۡءَانَهُۥ 

Sesungguhnya Kami yang akan mengumpulkannya (di dadamu) dan membacakannya.

 الْقُرْآنَ، وَرَجُلٌ قُتِلَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ، وَرَجُلٌ كَثِيرُ الْمَالِ، فَيَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى لِلْقَارِئِ: أَلَمْ أُعَلِّمْكَ مَا أَنْزَلْتُ عَلَى رُسُلِي، قَالَ: بَلَى يَا رَبُّ، قَالَ: فَمَاذَا عَمِلْتَ فِيمَا عَلِمْتَ؟ قَالَ: كُنْتُ أَقُومُ بِهِ آنَاءَ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ، فَيَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى لَهُ: كَذَبْتَ، وَتَقُولُ الْمَلَائِكَةُ: كَذَبْتَ، بَلْ أَرَدْتَ أَنْ يُقَالَ فُلَانٌ قَارِئٌ، فَقَدْ قِيلَ ذَلِكَ، وَيُقَالُ لِصَاحِبِ الْمَالِ: مَاذَا عَمِلْتَ فِيمَا آتَيْتُكَ؟ قَالَ: كُنْتُ أَصِلُ بِهِ الرَّحِمَ وَأَتَصَدَّقُ بِهِ، فَيَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى: كَذَبْتَ، وَتَقُولُ الْمَلَائِكَةُ: كَذَبْتَ؛ بَلْ أَرَدْتَ أَنْ يُقَالَ فُلَانٌ جَوَادٌ سَخِيٌّ، وَهُوَ ضِدُّ الْبَخِيلِ، فَقَدْ قِيلَ ذَلِكَ، وَيُؤْتَى بِالَّذِي قُتِلَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَيَقُولُ لَهُ: لِمَاذَا قُتِلْتَ؟ قَالَ: قَاتَلْتُ فِي سَبِيلِكَ حَتَّى قُتِلْتُ، فَيَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى: كَذَبْتَ، وَتَقُولُ الْمَلَائِكَةُ: كَذَبْتَ، بَلْ أَرَدْتَ أَنْ يُقَالَ لَكَ فُلَانٌ جَرِئٌ، فَقَدْ قِيلَ ذَلِكَ» ، ثُمَّ ضَرَبَ رَسُولُ اللَّهِ  بِيَدِهِ عَلَى رُكْبَتَيَّ فَقَالَ: «يَا أَبَا هُرَيْرَةَ أُولَئِكَ الثَّلَاثَةُ أَوَّلُ خَلْقِ اللَّهِ تَعَالَى تُسَعَّرُ بِهِمُ النَّارُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ» .

Sesungguh kalian ada penjaganya.

Yaitu malaikat yg mulia yg siap mencatat

Qaf 50:18


مَّا يَلْفِظُ مِن قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ 


Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat).

dia mengetahui apa yg kalian kerjakan.


قَالَ: فَبَلَغَ ذَلِكَ الْخَبَرُ إِلَى مُعَاوِيَةَ فَبَكَى بُكَاءً شَدِيدًا، وَقَالَ: صَدَقَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ، ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الْآيَةَ: {مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لا يُبْخَسُونَ * أُولَئِكَ الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ فِي الآخِرَةِ إِلا النَّارُ وَحَبِطَ مَا صَنَعُوا فِيهَا وَبَاطِلٌ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ} [هود: 15-16] .

وَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ حُنَيفٍ الْأَنْطَاكِي:hanif bin anthaki

 يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى لِعَبْدِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِذَا الْتَمَسَ ثَوَابَ عَمَلِهِ: أَلَمْ نُعَجِّلْ لَكَ ثَوَابَكَ؟ أَلَمْ  نُوَسِّعْ لَكَ فِي الْمَجَالِسِ؟ kedudukan

 أَلَمْ تَكُن segala keinginan/nafsuالْمُرَأَّسَ فِي دُنْيَاكَ؟ أَلَمْ نُرَخِّصْ بَيْعَكَ وَشِرَاءَكَ؟ kesuksesan dlm jual belimu

 أَلَمْ تَكُنْ مِثْلَ هَذَا

 وَأَشْبَاهِهِ؟. Pertsnyasn semisal.


وَقِيلَ لِبَعْضِ الْحُكَمَاءِ

: Bijaksana/ahli hikmah/org berilmu yg mengamalkan.

مَنِ الْمُخْلِصُ؟ siapakh org ikhlas itu.

 ,كتم menyembunyikan

سَيِّئَاتِهِ.kejelekan2nya

قَالَ: الْمُخْلِصُ الَّذِي كَتَمَ حَسَنَاتِهِ كَمَا يَكْتُمُ سَيِّئَاتِهِ.

وَقِيلَ لِبَعْضِهِمْ: bertnya pula kpd org bijak yg lain.


 مَا غَايَةُ الْإِخْلَاصِ؟ tanda

 dipujiقَالَ: أَنْ لَا تُحِبَّ مَحْمَدَةَ النَّاسِ.Org lain

وَقِيلَ لِذِي النُّونِ الْمِصْرِيِّ:lidinun al misri dity

 مَتَى يَعْلَمُ الرَّجُلُ أَنَّهُ مِن صَفْوَةِ اللَّهِ تَعَالَى؟ pilihan

يَعْنِي مِنْ خَوَاصِّهِ الَّذِينَ اصْطَفَاهُمُ اللَّهُ تَعَالَى، tanda2 pilihan


Bisa diketahui dgn 4hal

 قَالَ: يَعْرِفُ ذَلِكَ بِأَرْبَعَةِ أَشْيَاءَ: إِذَا خَلَعَ الرَّاحَةَ، meninggalkan waktu istirahat

 يَعْنِي تَرَكَ الرَّاحَةَ،

 وَأَعْطَى مِنَ الْمَوْجُودِ، memeberi dr yg ada

 يَعْنِي يُعْطِي مِنَ الْقَلِيلِ الَّذِي عِنْدَهُ، memberi dr sedikit yg ada


 Turunوَأَحَبَّ سُقُوط الْمَنْزِلَةِ، status

Dipujiوَاسْتَوَتْ عِنْدَهُ الْمَحْمَدَةُ وَالْمَذَمَّةُ.dicela

11- وَقَدْ رُوِيَ عَنْ عَدِيِّ بْنِ حَاتِمٍ الطَّائِيِّ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ  أَنَّهُ قَالَ: «يُؤْمَرُ بِأُنَاسٍ مِنَ النَّاسِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِلَى الْجَنَّةِ حَتَّى إِذَا دَنَوْا مِنْهَا، وَاسْتَنْشَقُواs رَائِحَتَهَا، وَنَظَرُوا إِلَى قُصُورِهَا وَإِلَى مَا أَعَدَّ اللَّهُ لِأَهْلِهَا، نُودُوا أَنِ اصْرِفُوهُمْ عَنْهَا لَا نَصِيبَ لَهُمْ فِيهَا، فَيَرْجِعُونَ بِحَسْرَةٍ وَنَدَامَةٍ مَا رَجَعَ الْأَوَّلُونَ وَالْآخِرُونَ بِمِثْلِهَا فَيَقُولُونَ: يَا رَبَّنَا لَوْ أَدْخَلْتَنَا النَّارَ قَبْلَ أَنْ تُرِيَنَا مَا أَرَيْتَنَا مِنْ ثَوَابِ مَا أَعْدَدْتَهُ لِأَوْلِيَائِكَ، فَيَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى: أَرَدْتُ بِكُمْ ذَلِكَ، كُنْتُمْ إِذَا خَلَوْتُمْ بَارَزْتُمُونِي بِالْعَظَائِمِ، وَإِذَا لَقِيتُمُ النَّاسَ لَقِيتُمُوهُمْ مُخْبِتِينَ -يَعْنِي مُتَوَاضِعِينَ- تُرَاءُونَ النَّاسَ بِأَعْمَالِكُمْ، خِلَافَ مَا تَنْطَوِي عَلَيْهِ قُلُوبُكُمْ، هِبْتُم النَّاسَ وَلَمْ تَهَابُونِي، وَأَجْلَلْتُمُ النَّاسَ وَلَمْ تُجِلُّونِي، وَتَرَكْتُمْ لِلنَّاسِ وَلَمْ تَتْرُكُوا لِي، فَالْيَوْمَ أُذِيقُكُمْ أَلِيمَ عِقَابِي، مَعَ مَا حَرَمْتُكُمْ مِنْ جَزِيلِ ثَوَابِي» . .

11- Diriwayatkan atas wewenang Adi bin Hatim Al-Tai, atas wewenang Rasulullah, semoga Tuhan memberkati dia dan memberinya kedamaian, bahwa dia berkata: “Beberapa orang akan diperintahkan pada Hari Kiamat. Kebangkitan untuk masuk surga sampai mereka… Mereka menghirupnya, menghirup aromanya, dan memandang istana-istananya serta apa yang telah Allah persiapkan bagi umatnyaKami harap Engkau menjauhkan mereka darinya, karena mereka tidak mendapat bagian di dalamnya, sehingga mereka kembali dengan penyesalan dan penyesalan , jika Engkau telah memasukkan kami ke dalam Neraka sebelum menunjukkan kepada kami pahala yang telah Engkau tunjukkan kepada kami, niscaya kamu tidak akan mempersiapkan diri untuk teman-teman-MuTuhan Yang Maha Kuasa: Aku menginginkan itu untukmu, sehingga ketika kamu sendirian denganku, kamu akan menghadapkanku dengan perbuatan-perbuatan besar, dan ketika kamu bertemu orang-orang, kamu akan menemukan mereka tersembunyi - artinya, rendah hati - lihat Kamu mengintimidasi orang-orang dengan perbuatanmu , bertentangan dengan isi hatimu. Kamu mengintimidasi orang-orang dan tidak takut kepada-KuDan kamu memuja manusia tetapi tidak menghormati Aku, dan kamu meninggalkan manusia dan tidak meninggalkan Aku, maka hari ini Aku akan membuat kamu menderita siksa yang pedih, padahal Aku telah merampas pahala besar darimu.” .


Tentang Surga:

12- وَرُوِيَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ  أَنَّهُ قَالَ: «لَمَّا خَلَقَ اللَّهُ تَعَالَى جَنَّةَ عَدْنٍ، خَلَقَ فِيهَا مَا لَا عَيْنٌ رَأَتْ، وَلَا أُذُنٌ سَمِعَتْ، وَلَا خَطَرَ عَلَى قَلْبِ بَشَرٍ، ثُمَّ قَالَ لَهَا: تَكَلَّمِي، فَقَالَتْ: قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ، ثَلَاثًا، ثُمَّ قَالَتْ: إِنِّي حَرَامٌ عَلَى كُلِّ بَخِيلٍ وَمُنَافِقٍ وَمُرَاءٍ».

12- Diriwayatkan atas wewenang Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu, atas wewenang Rasulullah SAW, semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian, bahwa ia bersabda: “Ketika Tuhan Yang Maha Esa menciptakan Taman Eden , Dia menciptakan di dalamnya apa yang belum pernah dilihat mata, belum pernah didengar telinga, dan belum pernah terlintas dalam hati manusia. Kemudian Dia berkata kepadanya: Bicaralah, dan dia berkata: Dia berhasilOrang-orang yang beriman, sebanyak tiga kali, lalu dia berkata: “Aku diharamkan kepada setiap orang yang kikir, munafik, dan pamer/munafik.


وَرُوِيَ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّهُ قَالَ: لِلْمُرَائِي أَرْبَعُ عَلَامَاتٍ: يَكْسَلُ إِذَا كَانَ وَحْدَهُ، وَيَنْشَطُ إِذَا كَانَ مَعَ  النَّاسِ، وَيَزِيدُ فِي الْعَمَلِ إِذَا أُثْنِيَ عَلَيْهِ، وَيَنْقُصُ إِذَا ذُمَّ بِهِ.

Hati2 yg suka gondok!


Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu, bahwa beliau bersabda: Orang munafik mempunyai empat ciri: malas ketika sendirian, dan aktif ketika bersama orang lain. bertambah perbuatannya jika dipuji, dan berkurang bila dikritik.



وَرُوِيَ عَنْ شَقِيقِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ الزَّاهِدِ أَنَّهُ قَالَ: حُسْنُ الْعَمَلِ ثَلَاثَةُ أَشْيَاءَ : hal hal

أَوَّلُهَا: أَنْ يَرَى أَنَّ الإذن في الْعَمَلَ مِنَ اللَّهِ تَعَالَى، لِيَكْسِرَ بِهِ الْعُجْبَ.
وَالثَّانِي: أَنْ يُرِيدَ بِهِ رِضَا اللَّهِ، لِيَكْسِرَ بِهِ الْهَوَى.
وَالثَّالِثُ: أَنْ يَبْتَغِيَ ثَوَابَ الْعَمَلِ مِنَ اللَّهِ تَعَالَى، لِيَكْسِرَ بِهِ الطَّمَعَ وَالرِّيَاءَ، وَبِهَذِهِ الْأَشْيَاءِ تَخْلُصُ الْأَعْمَالُ.

Diriwayatkan dari Shaqiq bin Ibrahim Al-Zahid bahwa beliau berkata: Perbuatan baik itu ada tiga hal:

Yang pertama adalah ia harus melihat bahwa izin untuk melakukan pekerjaan itu berasal dari Tuhan Yang Maha Esa, sehingga keajaiban yang ada di dalamnya dapat dihilangkan.

Yang kedua: mencari keridhaan Allah, dengan cara itu menghilangkan nafsu-nafsunya.

Ketiga: Meminta pahala amal dari Tuhan Yang Maha Esa, agar keserakahan dan kemunafikan hilang bersamanya, dan dengan hal-hal tersebut amal ibadah terselamatkan



فَأَمَّا قَوْلُهُ: أَنْ يَرَى أَنَّ الْعَمَلَ مِنَ اللَّهِ تَعَالَى؛ يَعْنِي: يَعْلَمَ أَنَّ اللَّهَ تَعَالَى هُوَ الَّذِي وَفَّقَهُ لِذَلِكَ الْعَمَلِ، لِأَنَّهُ إِذَا عَلِمَ أَنَّ اللَّهَ تَعَالَى، هُوَ الَّذِي وَفَّقَهُ فَإِنَّهُ يَشْتَغِلُ بِالشُّكْرِ وَلَا يُعْجَبُ بِعَمَلِهِ.

Adapun sabdanya: melihat bahwa pekerjaan itu berasal dari Tuhan Yang Maha Esa; Artinya: Dia mengetahui bahwa Tuhan Yang Maha Esa-lah yang telah memampukan dia melakukan pekerjaan itu, karena jika dia mengetahui bahwa Tuhan Yang Maha Esa-lah yang telah memberinya kesuksesan, maka dia sibuk dengan pekerjaan tersebut. Dia benci dan tidak mengagumi pekerjaannya. .


وَأَمَّا قَوْلُهُ: يُرِيدُ بِهِ رِضَا اللَّهِ تَعَالَى، يَعْنِي يَنْظُرُ فِي ذَلِكَ الْعَمَلِ، فَإِنْ كَانَ الْعَمَلُ لِلَّهِ تَعَالَى وَفِيهِ رِضَاهُ فَإِنَّهُ يَعْمَلُه، وَإِنْ عَلِمَ أَنَّهُ لَيْسَ لِلَّهِ فِيهِ رِضًا فَلَا يَعْمَلُهُ، كَيْ لَا يَكُونَ عَامِلًا بِهَوَى نَفْسِهِ، لِأَنَّ اللَّهَ تَعَالَى قَالَ: {إِنَّ النَّفْسَ لأَمَّارَةٌ بِالسُّوءِ} [يوسف: 53] ، يَعْنِي تَأْمُرُ بِالسُّوءِ وَبِهَوَاهَا.

Adapun perkataannya: Yang dimaksudnya dengan keridhaan Tuhan Yang Maha Esa, maksudnya dia mempertimbangkan pekerjaan itu. Jika pekerjaan itu untuk Tuhan Yang Maha Esa dan diridhai-Nya, maka dia akan melakukannya, meskipun Dia mengetahui bahwa Tuhan itu Maha Kuasa tidak senang dengan hal itu, maka dia tidak melakukannya, sehingga dia tidak bertindak menurut keinginannya sendiri, karena TuhanAllah SWT berfirman: {Sesungguhnya jiwa itu memerintahkan keburukan} [Yusuf: 53], maksudnya ia memerintahkan keburukan dan menginginkannya

وَأَمَّا قَوْلُهُ: أَنْ يَبْتَغِيَ ثَوَابَ الْعَمَلِ مِنَ اللَّهِ تَعَالَى، يَعْنِي: يَعْمَلُ خَالِصًا لِوَجْهِ اللَّهِ تَعَالَى وَلَا يُبَالِي مِنْ مَقَالَةِ النَّاسِ، كَمَا رُوِيَ عَنْ بَعْضِ الْحُكَمَاءِ أَنَّهُ قَالَ: يَنْبَغِي لِلْعَامِلِ أَنْ يَأْخُذَ الْأَدَبَ فِي عَمَلِهِ مِنْ رَاعِي الْغَنَمِ؛ قِيلَ: وَكَيْفَ ذَلِكَ؟ قَالَ لِأَنَّ الرَّاعِيَ إِذَا صَلَّى عِنْدَ غَنَمِهِ؛ فَإِنَّهُ لَا يَطْلُبُ بِصَلَاتِهِ مَحْمَدَةَ غَنَمِهِ، كَذَلِكَ الْعَامِلُ يَنْبَغِي أَنْ لَا يُبَالِيَ مِنْ نَظَرِ النَّاسِ إِلَيْهِ؛

Demkian pula amalan tdk perlu pujian dari manusia.

 فَيَعْمَلَ لِلَّهِ تَعَالَى عِنْدَ النَّاسِ وَعِنْدَ الْخَلَاءِ بِمَنْزِلَةٍ وَاحِدَةٍ وَلَا يَطْلُبُ مَحْمَدَةَ النَّاسِ.

Beramal disandarkan kpd Alloh baik ketika sendiri maupun ditempat umum5

وَقَالَ بَعْضُ الْحُكَمَاءِ: يَحْتَاجُ الْعَمَلُ إِلَى أَرْبَعَةِ أَشْيَاءَ حَتَّى يَسْلَمَ:

أَوَّلُهَا: الْعِلْمُ قَبْلَ بَدْئِهِ، لِأَنَّ الْعَمَلَ لَا يَصْلُحُ إِلَّا بِالْعِلْمِ، فَإِذَا كَانَ الْعَمَلُ بِغَيْرِ عِلْمٍ كَانَ مَا يُفْسِدُهُ أَكْثَرَ مِمَّا يُصْلِحُهُ.

Beberapa orang bijak berkata: Suatu pekerjaan memerlukan empat hal agar aman:


Yang pertama: ilmu sebelum memulainya, karena suatu pekerjaan tidak akan baik kecuali dengan ilmu, maka jika suatu pekerjaan dilakukan tanpa ilmu maka lebih banyak ruginya daripada manfaatnya.




وَالثَّانِي: النِّيَّةُ فِي مَبْدَئِهِ، لِأَنَّ الْعَمَلَ لَا يَصْلُحُ إِلَّا بِالنِّيَّةِ،

Yang kedua :Niat sdbagak dasar/prinsip setiap perbuatan.

Bahwa sesingguhnya amalan tidak akan diterima tanpa niat.

13- كَمَا قَالَ النَّبِيُّ : «إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى» فَالصَّوْمُ، وَالصَّلَاةُ، وَالْحَجُّ، وَالزَّكَاةُ، وَسَائِرُ الطَّاعَاتِ لَا تَصْلُحُ إِلَّا بِالنِّيَّةِ، فَلَا بُدَّ مِنَ النِّيَّةِ فِي مَبْدَئِهَا لِيَصْلُحَ الْعَمَلُ.

sebagaimana disabdakan oleh Nabi Muhammad saw.

Perbuatan itu didasarkan pada niat, dan setiap orang hanya mempunyai niatnya saja. Puasa, shalat, haji, zakat, dan semua amalan ketaatan lainnya tidak sah kecuali dengan niat, maka tidak ada b Tambahkan niat pada awalnya sehingga pekerjaannya akan bagus.


وَالثَّالِثُ: الصَّبْرُ فِي وَسَطِهِ، يَعْنِي يَصْبِرُ فِيه حَتَّى يُؤَدِّيَه عَلَى السُّكُونِ وَالطُّمَأْنِينَةِ.

Ketiga: Sabar di tengah-tengahnya, artinya bersabar di dalamnya [didalam melaksanakan setiap amalan] hingga membuahkan ketenangan dan ketentraman


وَالرَّابِعُ: الْإِخْلَاصُ عَنْدَ فَرَاغِهِ، لِأَنَّ الْعَمَلَ لَا يُقْبَلُ بِغَيْرِ إِخْلَاصٍ، فَإِذَا عَمِلْتَ بِالْإِخْلَاصِ يَتَقَبَّلُ اللَّهُ تَعَالَى مِنْكَ وَتُقْبِلُ قُلُوبُ الْعِبَادِ إِلَيْكَ.

Keempat: Ikhlas bila dikerjakan, sebab suatu pekerjaan tidak akan diterima tanpa keikhlasan, maka jika kamu bekerja dengan ikhlas maka Allah SWT akan menerimanya darimu dan kamu akan menerima Q Hati para hamba adalah milik-Mu.


وَرُوِيَ عَنْ هَرَمِ بْنِ حَيَّانَ أَنَّهُ قَالَ: مَا أَقْبَلَ عَبْدٌ بِقَلْبِهِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى، إِلَّا أَقْبَلَ اللَّهُ تَعَالَى بِقُلُوبِ أهل الْإِيمَانِ إِلَيْهِ، حَتَّى يَرْزُقَهُ مَوَدَّتَهُمْ وَرَحْمَتَهُمْ.

Diriwayatkan dari Haram bin Hayyan bahwa beliau berkata: Tidak ada hamba yang mengarahkan hatinya kepada Tuhan Yang Maha Esa, melainkan Tuhan Yang Maha Esa mengarahkan hati orang-orang yang beriman kepada-Nya, hingga Dia meridhoi kasih sayang dan rahmat mereka


14- وَرَوَى سُهَيْلُ بْنُ صَالِحَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ  ، أَنَّهُ قَالَ: «إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى إِذَا أَحَبَّ عَبْدًا قَالَ لِجِبْرِيلَ: إِنِّي أُحِبُّ فُلَانًا فَأَحِبَّهُ، فَيَقُولُ جِبْرِيلُ لِأَهْلِ السَّمَاءِ: إِنَّ رَبَّكُمْ يُحِبُّ فُلَانًا فَأَحِبُّوهُ، فَيُحِبُّهُ أَهْلُ السَّمَاءِ، فَيُوضَعُ لَهُ الْقَبُولُ فِي الْأَرْضِ، وَإِذَا أَبْغَضَ اللَّهُ عَبْدًا فَمِثْلُ ذَلِكَ».

14- Suhail bin Saleh meriwayatkan, berdasarkan otoritas ayahnya, berdasarkan otoritas Abu Hurairah, berdasarkan otoritas Nabi, damai dan berkah besertanya, bahwa dia bersabda: “Ketika Tuhan Yang Maha Kuasa mencintai seorang hamba, Dia bersabda kepada Jibril : Karena aku mencintai si fulan, maka aku akan mencintainya. Jibril berkata kepada penghuni surga: Sesungguhnya Tuhanmu mencintai si fulan, maka cintailah diaKemudian penghuni surga mencintainya, dan diberikan kepadanya penerimaan di bumi, dan jika Allah membenci seorang hamba, maka demikianlah.


وَرُوِيَ عَنْ شقَيِقِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ الزَّاهِدِ أَنَّ رَجُلًا سَأَلَهُ فَقَالَ: إِنَّ النَّاسَ يُسَمُّونَنِي صَالِحًا فَكَيْفَ أَعْلَمُ أَنِّي صَالِحٌ أَوْ غَيْرُ صَالِحٍ؟ فَقَالَ لَهُ شَقِيقٌ رَحِمَهُ اللَّهُ:
أَظْهِرْ سِرَّكَ عِنْدَ الصَّالِحِينَ، فَإِنْ رَضُوا بِهِ فَاعْلَمْ أَنَّكَ صَالِحٌ، وَإِلَّا فَلَا.

Diriwayatkan dari Shaqiq bin Ibrahim Al-Zahid bahwa ada seorang laki-laki bertanya kepadanya dan berkata: Orang-orang menyebut saya shaleh, lalu bagaimana saya tahu bahwa saya shaleh atau tidak? Seorang saudara, semoga Tuhan mengasihani dia, berkata kepadanya:

Tunjukkanlah rahasiamu kepada orang-orang yang bertakwa, dan jika mereka merasa puas dengannya, maka ketahuilah bahwa kamu adalah orang yang bertakwa, jika tidak maka tidak


وَالثَّانِي: اعْرِضِ الدُّنْيَا عَلَى قَلْبِكَ، فَإِنْ رَدَّهَا فَاعْلَمْ أَنَّكَ صَالِحٌ.
وَالثَّالِثُ: اعْرِضِ الْمَوْتَ عَلَى نَفْسِكَ، فَإِنْ تَمَنَّتْهُ فَاعْلَمْ أَنَّكَ صَالِحٌ، وَإِلَّا فَلَا.
فَإِذَا اجْتَمَعَتْ فِيكَ هَذِهِ الثَّلَاثَةُ فَتَضَرَّعْ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى لِكَيْلَا يَدْخُلَ الرِّيَاءُ فِي عَمَلِكَ فَيُفْسِدَ عَلَيْكَ أَعْمَالَكَ.

Yang kedua: Tawarkan dunia ke dalam hatimu, dan jika ia menolaknya, ketahuilah bahwa kamu adalah orang yang bertakwa.

Yang ketiga: Tawarkan kematian pada diri Anda sendiri. Jika Anda menginginkannya, ketahuilah bahwa Anda adalah orang yang saleh, jika tidak maka tidak.

Jika ketiga hal ini tergabung dalam diri anda, maka berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kemunafikan tidak masuk ke dalam pekerjaan anda dan merusak amalan an


da


15- وَرَوَى ثَابِتٌ الْبُنَانِيُّ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، عَنِ النَّبِيِّ  قَالَ: «أَتَدْرُونَ مَنِ الْمُؤْمِنُ» ؟ قَالُوا: اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ، قَالَ: «الَّذِي لَا يَمُوتُ حَتَّى يَمْلَأَ اللَّهُ مَسَامِعَهُ مِمَّا يُحِبُّ، وَلَوْ أَنَّ رَجُلًا عَمِلَ لِطَاعَةِ اللَّهِ تَعَالَى فِي بَيْتٍ، فِي جَوْفِ بَيْتٍ، إِلَى سَبْعِينَ بَيْتًا، عَلَى كُلِّ بَيْتٍ بَابٌ مِنْ حَدِيدٍ، لَأَلْبَسَهُ اللَّهُ تَعَالَى رِدَاءَ عَمَلِهِ، حَتَّى يَتَحَدَّثَ النَّاسُ بِذَلِكَ وَيَزِيدُوا» قِيلَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَكَيْفَ يَزِيدُونَ؟ قَالَ: «إِنَّ الْمُؤْمِنَ يُحِبُّ مَا زَادَ فِي عَمَلِهِ» ، ثُمَّ قَالَ: «أَتَدْرُونَ مَنِ الْفَاجِرُ» قَالُوا: اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ قَالَ: «الَّذِي لَا يَمُوتُ حَتَّى يَمْلَأَ اللَّهُ مَسَامِعَهُ مِمَّا يَكْرَهُ، وَلَوْ أَنَّ عَبْدًا عَمِلَ بِمَعْصِيَةِ اللَّهِ تَعَالَى فِي بَيْتٍ، فِي جَوْفِ بَيْتٍ، إِلَى سَبْعِينَ بَيْتًا، عَلَى كُلِّ بَيْتٍ بَابٌ مِنْ حَدِيدٍ، لَأَلْبَسَهُ اللَّهُ تَعَالَى رِدَاءَ عَمَلِهِ، حَتَّى يَتَحَدَّثَ النَّاسُ بِذَلِكَ وَيَزِيدُوا» قِيلَ وَكَيْفَ يَزِيدُونَ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ: «إِنَّ الْفَاجِرَ يُحِبُّ مَا زَادَ فِي فُجُورِهِ» .

15- Tsabit Al-Bunani meriwayatkan, atas wewenang Anas bin Malik, atas wewenang Nabi, semoga Tuhan memberkati dia dan memberinya kedamaian, yang berkata: “Tahukah kamu siapa orang yang beriman?” Mereka berkata: Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui. Beliau bersabda: “Barang siapa yang tidak mati hingga Allah mengisi telinganya dengan apa yang dicintai-Nya, meskipun seseorang berusaha menaati Allah SWT dalam satu rumah, dalam satu rumah, dan dalam satu rumah, sampai tujuh puluh rumah, pada setiap rumah ada pintu besi yang diselubungi oleh Tuhan Yang Maha EsaSeragam kerjanya, agar orang-orang membicarakannya dan menambahkannya lagi. Dikatakan: Wahai Rasulullah, bagaimana mereka bisa menambahkannya lagi? Beliau bersabda: “Orang mukmin menyukai apa yang bertambah amalnya.” Kemudian beliau bertanya: “Tahukah kamu siapakah orang fasik itu?” Mereka berkata: Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui Allah mengisi telinga-Nya dengan apa yang dibenci-Nya, sekalipun seorang hamba berbuat durhaka kepada Tuhan Yang Maha Esa di dalam sebuah rumah, di dalam rumahBagian dalam sebuah rumah, sampai tujuh puluh rumah, dengan pintu besi di setiap rumah. Tuhan Yang Maha Esa akan mengenakannya dengan jubah karya-Nya, sehingga orang-orang akan membicarakan hal itu dan menambahkan lebih banyak lagi , wahai Rasulullah? Beliau bersabda: “Orang yang maksiat menyukai apa yang menambah maksiatnya.”




وَرُوِيَ عَنْ عَوْفِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّهُ قَالَ: كَانَ أَهْلُ الْخَيْرِ يَكْتُبُ بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ بِثَلَاثِ كَلِمَاتٍ: مَنْ عَمِلَ لِآخِرَتِهِ كَفَاهُ اللَّهُ أَمْرَ دُنْيَاهُ، وَمَنْ أَصْلَحَ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ اللَّهِ أَصْلَحَ اللَّهُ تَعَالَى فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ النَّاسِ، وَمَنْ أَصْلَحَ سَرِيرَتَهُ أَصْلَحَ اللَّهُ عَلَانِيَتَهُ.

Diriwayatkan dari Awf bin Abdullah bahwa dia berkata: Orang-orang baik biasa menulis satu sama lain dengan tiga kata: Barang siapa yang mengerjakan kebaikan untuk akhiratnya, semoga Tuhan mencukupinya di dunia ini, dan siapa pun yang mendamaikan antara dirinya dan Tuhan, Tuhan Yang Maha Esa akan membuat perdamaian antara dia dan TuhanManusia, dan siapa yang memperbaiki batinnya, maka Allah akan memperbaiki perilakunya di muka umum.Dan dia berkata



وَقَالَ حَامِدٌ اللّفافُ: إِذَا أَرَادَ اللَّهُ هَلَاكَ امْرِئٍ عَاقَبَهُ بِثَلَاثَةِ أَشْيَاءَ:
أَوَّلُهَا: يَرْزُقُهُ اللَّهُ الْعِلْمَ، وَيَمْنَعُهُ عَنْ عَمَلِ الْعُلَمَاءِ.
وَالثَّانِي: يَرْزُقُهُ صُحْبَةَ الصَّالِحِينَ، وَيَمْنَعُهُ عَنْ مَعْرِفَةِ حُقُوقِهِمْ.
وَالثَّالِثُ: يَفْتَحُ عَلَيْهِ أبواب الطَّاعَاتِ، وَيَمْنَعُهُ مِنْ إِخْلَاصِ الْعَمَلِ.

قال الفقيه رحمه الله: إِنَّمَا يَكُونُ ذَلِكَ لِخُبْثِ نِيَّتِهِ، وَسُوءِ سَرِيرَتِهِ، لِأَنَّ النِّيَّةَ لَوْ كَانَتْ صَحِيحَةً لَرَزَقَهُ اللَّهُ تَعَالَى مَنْفَعَةَ الْعِلْمِ وَالْإِخْلَاصَ لِلْعَمَلِ وَمَعْرِفَةَ حُرْمَةِ الصَّالِحِينَ.

 Hamid Al-Laffaf: Jika Allah menginginkan seseorang binasa, Dia akan menghukumnya dengan tiga hal:

Yang pertama adalah: Allah memberinya ilmu, dan menghalanginya melakukan pekerjaan ulama.

Kedua, ia mendapat pergaulan dengan orang-orang shaleh, dan menghalanginya untuk mengetahui hak-hak mereka.

Ketiga: Membuka pintu ketaatan kepadanya dan menghalanginya dari amal ikhlas.

16- قال الفقيه رحمه الله: أَخْبَرَنِي الثِّقَةُ بِإِسْنَادِهِ، عَنْ جَبَلَةَ الْيَحْصُبِيُّ، قَالَ: كُنَّا فِي غَزْوَةٍ مَعَ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ مَرْوَانَ، فَصَحِبَنَا رَجُلٌ مِسْهَارٌ لَا يَنَامُ مِنَ اللَّيْلِ إِلَّا أَقَلَّهُ، فَمَكَثْنَا أَيَّامًا لَا نَعْرِفُهُ، ثُمَّ عَرَفْنَاهُ، فَإِذَا هُوَ رَجُلٌ مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ ، وَكَانَ فِيمَا حَدَّثَنَا أَنَّ قَائِلًا مِنَ الْمُسْلِمِينَ قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، فِيمَ النَّجَاةُ غَدًا؟ قَالَ: «أَنْ لَا تُخَادِعَ اللَّهَ» ، قَالَ: وَكَيْفَ نُخَادِعُ اللَّهَ؟ قَالَ: «أَنْ تَعْمَلَ بِمَا أَمَرَكَ اللَّهُ وَتُرِيدُ بِهِ غَيْرَ وَجْهِ اللَّهِ، وَاتَّقُوا الرِّيَاءَ فَإِنَّهُ الشِّرْكُ بِاللَّهِ، وَإِنَّ الْمُرَائِي يُنَادَى يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَلَى رُءُوسِ الْخَلَائِقِ بِأَرْبَعَةِ أسماء: يَا كَافِرُ، يَا فَاجِرُ، يَا غَادِرُ، يَا خَاسِرُ، ضَلَّ عَمَلُكَ وَبَطَلَ أَجْرُكَ، فَلَا خَلَاقَ لَكَ الْيَوْمَ، فَالْتَمِسْ أَجْرَكَ مِمَّنْ كُنْتَ تَعْمَلُ لَهُ يَا مُخَادِعُ».
قَالَ: قُلْتُ لَهُ: بِاللَّهِ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ؛ أَنْتَ سَمِعْتَ هَذَا مِنْ رَسُولِ اللَّهِ ؟ فَقَالَ: وَاللَّهِ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ إِنِّي سَمِعْتُهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ ، إِلَّا أَنْ أَكُونَ قَدْ أَخْطَأْتُ شَيْئًا لَمْ أَكُنْ أَتَعَمَّدُهُ، ثُمَّ قَرَأَ: {إِنَّ الْمُنَافِقِينَ يُخَادِعُونَ اللَّهَ وَهُوَ خَادِعُهُمْ} [النساء: 142] .

قال الفقيه رحمه الله: مَنْ أَرَادَ أَنْ يَجِدَ ثَوَابَ عَمَلِهِ فِي الْآخِرَةِ، يَنْبَغِي لَهُ أَنْ يَكُونَ عَمَلُهُ خَالِصًا لِلَّهِ تَعَالَى، بِغَيْرِ رِيَاءٍ ثُمَّ يَنْسَى ذَلِكَ الْعَمَلَ لِكَيْلَا يُبْطِلَهُ الْعُجْبُ، لِأَنَّهُ يُقَالُ حِفْظُ الطَّاعَةِ أَشَدُّ مِنْ فِعْلِهَا.

وَقَالَ أَبُو بَكْرٍ الْوَاسِطِيُّ: حِفْظُ الطَّاعَةِ أَشَدُّ مِنْ فِعْلِهَا؛ لِأَنَّ مَثَلَهَا كَمَثَلِ الزُّجَاجِ سَرِيعُ الْكَسْرِ، وَلَا يَقْبَلُ الْجَبْرَ، كَذَلِكَ الْعَمَلُ إِنْ مَسَّهُ الرِّيَاءُ كَسَرَهُ، وَإِذَا مَسَّهُ الْعُجْبُ كَسَرَهُ، وَإِذَا أَرَادَ الرَّجُلُ أَنْ يَعْمَلَ عَمَلًا وَخَافَ الرِّيَاءَ مِنْ نَفْسِهِ، فَإِنْ أَمْكَنَهُ أَنْ يُخْرِجَ الرِّيَاءَ مِنْ قَلْبِهِ، فَيَنْبَغِي لَهُ أَنْ يَجْتَهِدَ فِي ذَلِكَ، وَإِنْ لَمْ يُمْكِنْهُ فَيَنْبَغِي أَنْ يَعْمَلَ وَلَا يَتْرُكَ الْعَمَلَ لِأَجْلِ الرِّيَاءِ، ثُمَّ يَسْتَغْفِرَ اللَّهَ تَعَالَى مِمَّا فَعَلَ فِيهِ مِنَ الرِّيَاءِ، فَلَعَلَّ اللَّهَ تَعَالَى أَنْ يُوَفِّقَهُ لِلْإِخْلَاصِ فِي عَمَلٍ آخَرَ.

وَيُقَالُ فِي الْمَثَلِ: إِنَّ الدُّنْيَا خَرِبَتْ مُنْذُ مَاتَ الْمُرَاؤونَ؛ لِأَنَّهُمْ كَانُوا يَعْمَلُونَ أَعْمَالَ الْبِرِّ، مِثْلَ الرِّبَاطَاتِ وَالْقَنَاطِرِ وَالْمَسَاجِدِ، فَكَانَ لِلنَّاسِ فِيهَا مَنْفَعَةٌ، وَإِنْ كَانَتْ لِلرِّيَاءِ فَرُبَّمَا يَنْفَعُهُ دُعَاءُ أَحَدٍ مِنَ الْمُسْلِمِينَ.
كَمَا رُوِيَ عَنْ بَعْضِ الْمُتَقَدِّمِينَ أَنَّهُ بَنَى رِبَاطًا وَكَانَ يَقُولُ فِي نَفْسِهِ: لَا أَدْرِي أَكَانَ عَمَلِي هَذَا للَّهِ تَعَالَى أَمْ لَا؟ فَأَتَاهُ آتٍ فِي مَنَامِهِ، فَقَالَ لَهُ: إِنْ لَمْ يَكُنْ عَمَلُكَ لِلَّهِ تَعَالَى، فَدُعَاءُ الْمُسْلِمِينَ الَّذِينَ يَدْعُونَ لَكَ فَهُوَ لِلَّهِ تَعَالَى، فَسُرَّ بِذَلِكَ.

وَقَالَ رَجُلٌ عِنْدَ حُذَيْفَةَ بْنِ الْيَمَانِ: اللَّهُمَّ أَهْلِكِ الْمُنَافِقِينَ، فَقَالَ حُذَيْفَةُ: لَوْ هَلَكُوا مَا انْتَصَفْتُمْ مِنْ عَدُوِّكُمْ، يَعْنِي أَنَّهُمْ يَخْرُجُونَ إِلَى الْغَزْوِ وَيُقَاتِلُونَ الْعَدُوَّ.

وَرُوِيَ عَنْ سَلْمَانَ الْفَارِسِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: يُؤَيِّدُ اللَّهُ الْمُؤْمِنِينَ بِقُوَّةِ الْمُنَافِقِينَ، وَيَنْصُرُ الْمُنَافِقِينَ بِدَعْوَةِ الْمُؤْمِنِينَ.

قال الفقيه رحمه الله: تَكَلَّمَ النَّاسُ فِي الْفَرَائِضِ، فَقَالَ بَعْضُهُمْ: لَا يَدْخُلُ فِيهَا الرِّيَاءُ فيها، لِأَنَّهَا فَرِيضَةٌ عَلَى جَمِيعِ الْخَلْقِ، فَإِذَا مَا أَدَّى مَا هُوَ فَرْضٌ عَلَيْهِ لَا يَدْخُلُ فِيهِ الرِّيَاءُ.
وَقَالَ بَعْضُهُمْ: يَدْخُلُ الرِّيَاءُ فِي الْفَرَائِضِ وَغَيْرِهَا.

قال الفقيه رحمه الله: هَذَا عِنْدِي عَلَى وَجْهَيْنِ:
إِنْ كَانَ يُؤَدِّي الْفَرَائِضَ رِئَاءَ النَّاسَ، وَلَوْ لَمْ يَكُنْ رِئَاءَ النَّاسِ لَكَانَ لَا يُؤَدِّيهَا، فَهَذَا مُنَافِقٌ تامٍ، وَهُوَ مِنَ الَّذِينَ قَالَ اللَّهُ تَعَالَى فِيهِمْ: {إِنَّ الْمُنَافِقِينَ فِي الدَّرْكِ الأَسْفَلِ مِنَ النَّارِ} [النساء: 145] ، يَعْنِي فِي الْهَاوِيَةِ مَعَ آلِ فِرْعَوْن، لِأَنَّهُ لَوْ كَانَ تَوْحِيدُهُ صَحِيحًا خَالِصًا لَكَانَ لَا يَمْنَعُهُ عَنْ أَدَاءِ الْفَرَائِضِ.
وَإِنْ كَانَ يُؤَدِّي الْفَرَائِضَ، إِلَّا أَنَّهُ يُؤَدِّيهَا عِنْدَ النَّاسِ أَحْسَنُ وَأَتَمُّ، وَإِنْ لَمْ يَرَهُ أَحَدٌ يُؤَدِّيهَا نَاقِصَةً، فَلَهُ الثَّوَابُ النَّاقِصُ وَلَا ثَوَابَ لِتِلْكَ الزِّيَادَةِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهَا مُحَاسَبٌ عَلَيْهَا. وَاللَّهُ أَعْلَمُ.

 

https://api.whatsapp.com/send?phone=62881036918888

About dawungacc

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

HANDSFREE BP DQ31 Bazoka

HANDSFREE BP DQ31 Bazoka
Handsfree DQ31 Bazoka